Today :

Not found what you looking for?:

JEMBATAN SURAMADU

Diposting oleh rajalampu.blogspot.com

Published on Senin, 06 Juli 2009

Indonesia Perusak hutan tercepat di Dunia

www.lestari-m3.org
Indonesia bakal masuk dalam buku rekor dunia alias Guinness Book of Records tahun 2008. Wow, apa pasal ? Ups, jangan seneng dulu, karena rekor yang dicatatkan Indonesia disana cukup..memalukan. Indonesia tercatat sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia diantara 44 negara yang secara kolektif memiliki 90 % dari luas hutan di dunia. Dalam sertifikat rekor tersebut tertulis (setelah diterjemahkan karena aslinya berbahasa Inggris)

“Dari 44 negara yang secara kolektif memiliki 90 persen hutan di dunia, negara yang laju deforestasi tahunan tertinggi di dunia adalah Indonesia, dengan 1,8 juta hektare hutan dihancurkan per tahun antara 2000 hingga 2005. Ini setara dengan kehancuran hutan 2 persen setiap tahun, atau 51 kilometer persegi per hari” (data tsb berdasarkan laporan FAO, Global Forest Resources Assessment 2005).

Menurut juru kampanye Greenpeace, tingginya tingkat deforestasi di Indonesia disebakan oleh tiga hal; illegal logging, legal logging, dan kebakaran hutan. Selain pembalakan liar, hancurnya hutan juga disebabkan oleh penebangan yang mendapat izin pemerintah melalui HPH (hak pengelolaan hutan) dan HTI (hutan tanaman industri).

Juru kampanye Greenpeace yang lain turut menambahkan bahwa tingkat deforestasi yang tinggi juga berdampak pada sumbangan emisi gas rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global. Saat ini Indonesia berada pada peringkat ketiga dunia negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar setelah Amerika Serikat dan Tiongkok.

Belum cukupkah menjadi negara peringkat pertama dan peringkat ketiga dunia dalam merusak alam ? Hmm, mampukah Indonesia menorehkan rekor dunia yang membanggakan di bidang pelestarian alam?

Yuk, mulai dari diri sendiri, sedari sekarang. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjadi sahabat bumi? Selagi masih muda dan masih mampu, yuk kita berikan kontribusi terbaik kita dalam melindungi Bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket Photobucket Photobucket
 

Follow This Blog

My friends link